5 Aneka Resep Kue Basah Tradisional Khas Jawa Yang Mudah Dibuat

5 Aneka Resep Kue Basah Tradisional Khas Jawa Yang Mudah Dibuat

Halo foodpreneurs!

Bagi penggemar kue tradisional khas Jawa, tentu sudah tidak asing lagi dengan cita rasanya yang gurih, manis, dan enak. Aneka kue basah memang memiliki banyak penggemar. Selain enak, kue tradisonal dibuat dari bahan-bahan alami dan mudah ditemukan diantaranya tepung terigu, tepung beras, dan santan kepala. Selain bahannya yang mudah ditemukan, resep membuat aneka kue tradisional khas Jawa ternyata sangat mudah. Wajar saja bila kue tradisional Jawa mudah ditemukan dimana saja seperti arisan, kumpul keluarga, dan berbagai acara lainnya.

Berikut macam-macam aneka kue basah tradisional Jawa yang mudah dibuat sendiri:

1. Kue Serabi

Kue basah tradisonal khas Jawa ini terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Kue Serabi banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Bentuknya bulat pipih dan memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Kue Serabi kini tak hanya berwarna coklat atau hijau, Anda bisa membuat aneka kue basah tradisonal serabi ini dengan kreasi warna yang Anda suka. Caranya cukup menambahkan pewarna makanan pada adonan kue serabi.

2. Kue Dadar Gulung

Kue dadar gulung terbuat dari bahan utama tepung terigu, telur, santan, dan gula pasir. Perpanduan ketiga bahan tersebut membuat kue dadar gulung punya cita rasa yang khas. Jajanan ini paling laris dan banyak diburu penggemarnya. Di dalam kue ini terdapat isi yang biasanya berupa parutan kepala muda yang dicampur dengan gula pasir. Ciri khas kue dadar gulung adalah warna hijau yang didapat dari pewarna alami yakni daun pandan.

3. Kue Klepon

Sampai saat ini kue klepon masih menjadi primadona. Kue tradisional khas Jawa ini biasanya disajikan saat acara keluarga maupun acara penting pemerintahan. Kue Klepon menjadi kue basah favorit lantaran rasanya yang nikmat dan mengigit. Adapun bahan-bahan diperlukan untuk membuat kue klepon diantaranya tepung beras ketan, pasta pandan, dan gula merah sebagai isi kue klepon. Kue basah khas Jawa ini juga dibalut dengan parutan kepala muda yang membuatnya nampak menggoda untuk segera di gigit.

4. Kue Onde Onde

Selain kue klepon, satu lagi kue basah yang menjadi favorit masyarakat Indonesia yakni kue berbentuk bulat yang dibungkus dengan wijen, Kue Onde-Onde. Kue tradisional khas Jawa ini sudah ada sejak ratusan tahun. Cara membuat kue ini sangat mudah. Anda cukup menyiapkan isi kue onde-onde yang terbuat dari kacang hijau manis.

5. Kue lapis legitBelum mahir rasanya bila Anda belum mencoba membuat <strong>aneka resep kue basah </strong>lapis legit ini. Kue lapis sampai saat ini juga masih menjadi primadona karena cita rasanya yang khas dan unik. Kue tradisional khas Jawa ini biasanya selalu hadir di setiap acara-acara. Bahan Resep kue basah yang terkenal dan enak masih cukup banyak. Indonesia memang kaya resep kue tradisional. Bahkan hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas kue tradisional masing masing.

Leave a comment

Recent comments (0)

Be the first to comment.